Beranda > Tazkiyah > Hati-Hati Do’a Keburukan Dari Orang Tua

Hati-Hati Do’a Keburukan Dari Orang Tua

Oleh: Imanudien

Sudah semestinya seorang anak takut dan khawatir dengan doa (atas keburukan) ayah atau ibunya atas dirinya. Terlebih, jika keduanya betul-betul melakukan hal itu karena didasari alasan dan sebab yang benar. Hal yang demikian itu, perlu ditakuti dan diwaspadai. Karena bisa jadi, pinta orangtua yang berisi keburukan atas anaknya itu betul-betul diijabahkan Allah Azza Wa Jalla.

Kekuatan Doa Orangtua

Doa orangtua kepada anaknya merupakan doa yang sangat mustajab, hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam,

عَنْ أَبِي جَعْفَرٍ أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لَا شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ عَلَى وَلَدِهِ

Dari Abu Ja’far bahwa ia mendengar Abu Hurairah berkata; Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam bersabda: “Tiga doa yang pasti dikabulkan oleh Allah; doa orang yang terzhalimi, doa seorang musafir dan doa orangtua kepada anaknya.” (HR. Ahmad)

Dalam hadits lain yang di riwayatkan oleh Imam Muslim dari Jabir radiyallahu anhu, ia berkata, “Siapakah yang telah mengutuk binatang ternak ini? Salah seorang menjawab, “Saya, wahai Rasulullah.” Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam berkata, “Cepat lepaskan dan biarkan ia pergi, jangan engkau sertakan kami dengan sesuatu yang terlaknat. Janganlah kalian berdoa (untuk keburukan) atas diri kalian sendiri, juga atas anak-anak kalian dan harta benda kalian. Karena boleh jadi doa yang kalian pinta bertepatan dengan waktu dimana Allah mengabulkan doa-doa kalian, sehingga Allah pun mengabulkannya.”

Terdapat juga cerita dalam Shahih Muslim tentang ahli ibadah yang bernama Juraij, ia didoakan oleh ibunya dengan keburukan, ibunya mengatakan, “Ya Allah, janganlah engkau matikan Juraij sebelum ia melihat wajah seorang wanita pelacur. Kemudian Allah pun mengabulkan doanya. Dan juraij pun mendapatkan fitnah berupa tuduhan menzianai seorang wanita pelacur.

Seorang anak, hendaknya menghindari agar kedua orangtuanya tidak mengeluarkan laknat, doa-doa keburukan atau sumpah serapah atas dirinya. Lebih-lebih apabila keduanya dalam posisi terdzalimi dan termasuk orang-orang saleh yang mulia disisi Allah. Karena doa keduanya, sangat besar sekali kemungkinan untuk dikabulkan Allah. Mengingat keduanya adalah orang tua, ditambah lagi dengan nilai kesalihan dan ketakwaan yang dimiliki keduanya.

Lalu bagaimana dengan doa-doa orangtua yang tidak beriman dan juga tidak bertakwa kepada Allah.? Diceritakan  bahwa ibu Sa’ad berdoa atas keburukan Sa’ad, karena ia tidak mentaati ibunya yang mengajak kepada kesyirikan. Sa’ad pun tidak memperhatikan atau merisaukan sama sekali doa ibunya atas dirinya. (Berinteraksi dengan kedua orangtua, hal 73)

Bagi seorang muslim, tidak usah merasa sedih dengan doa ayah dan ibunya (doa keburukan) yang tidak beriman kepada Allah atas dirinya, walaupun keduanya salah dan tidak mempunyai alasan yang betul untuk mendoakan anaknya. Seperti; menyuruh anaknya untuk berbuat kemaksiatan, jika anaknya tidak mau melaksanakannya, maka ia (orangtua) mendoakan atas dirinya (doa keburukan). Jika keadaannya semacam ini, maka tidak usah diperhatikan dan tidak perlu dirisaukan, Karena Allah hanya menerima doa dari orang-orang yang bertakwa, dan sejatinya Allah lebih mengetahui mana orang-orang yang berbuat kebajikan dan mana orang-orang yang berbuat kerusakan.

Kategori:Tazkiyah
  1. selvi
    Mei 26, 2010 pukul 4:09 pm

    Sedih banget bila mendengar ada orangtua mendoakan hal yang sangat jelek buat anaknya,terlepas dari kelakuan anaknya yang mungkin kurang ajar terhadap orangtuanya,semoga hal ini tidak terjadi pada kita semua……..

  2. Mei 27, 2010 pukul 9:26 am

    amiiin,,, maka setidaknya bagi orangtua ketika memarahi anaknya jangan sampai mengucapkan perkataan-perkataan kotor, yang ditakutkan akan menjadi doa yang dikabulkan Allah..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: