Beranda > Tips-Tips > Tips Berjabat Tangan Yang Efektif

Tips Berjabat Tangan Yang Efektif

Tips Berjabat Tangan Yang Efektif

Berjabat tangan sudah menjadi bagian ritual dunia usaha. mungkin anda menganggap tidak perlu dipikirkan panjang-panjang, tetapi tidak bagi orang yang sedang berjabat tangan dengan anda. Sikapnya dalam berjabatan menampilkan sebagian besar kesannya terhadap anda. Ingatkah anda bagaimana kesalnya anda bila berjabatan tangan dengan orang yang memberikan jabatan yang amat lemah lunglai atau sebalaiknya terlalu keras bersemangat. jangan sampai anda dikatagorikan sebagai orang yang tidak mengesankan baik saat berjabat tangan. Berikut ini ada beberapa tehnik barjabat tangan:

1–Tataplah mata lawan bicara anda saat berjabat tangan dengannya. Tidak ada yang lebih mengacuhkan selain jabat tangan tanpa tatapan mata. Ini menunjukkan rasa tidak hormat atau tidak tertarik. Dengan menatap lawan bicara saat berjabatan, anda menumbuhkan keyakinan dan epercayaan diri.

2–Berjabat-tanganlah dari telapak ke telapak. Jangan berjabat tangan dengan mempertemukan dari jari kejari, atau telapak dengan jari. Dengan berjabatan-tangan dari telapak ketelapak akan memberikan perasaan bersahabat dan tidak meninggalkan perasaan yang tidak nyaman atau terluka.

3–Jangan terlalu akrab. Beberapa orang bertindak berlebihan dengan menarik tangan lawan dan secara keras mengayunkan ke atas ke bawah. Jabat tangan semacam ini sama dengan “mulut besar”. Bersikapkah percaya diri, jangan membuat orang lain kesal.

4–Sadarlah akan keterbatasan phisik seseorang. Orang jompo, cacat, atau penderita arthitis mungkin memiliki tulang yang lemah dan keterbatasan gerak. Mulukai seseorang saat berjabat tangan mungkin justru menutup pintu bukannya membuka pintu hubungan yang baik.

5–Ingatlah untuk menciptakan jabat tangan yang bermakna. Jika anda berjabat tangan lalu dengan segera menarik tangan anda dan melanjutkan pembicaraan seolah-olah tidak terjadi apa-apa, maka orang akan menganggapnya sebagai jabatan tangan yang tak berarti dan tidak tulus. Berikan pada pada lawan anda beberapa saatt untuk menunjukkan perhatian anda melalui kontak mata atau pembicaraan sebelum anda menarik tangan anda. Mereka akan merasa bahwa mereka sedang bertemu dengan orang yang layak.

Sumber: MOTIFASI NET, Ir. Andi Marzuki,SH,MT.

Kategori:Tips-Tips
  1. Imam Gendut
    Juni 5, 2010 pukul 3:39 pm

    Cara berjabat tangan memang merupakan salah satu cerminan kepribadian seseorang maka Jangan sampai penilaian orang terhadap Anda jadi salah ataupun menjadi minus gara-gara karena masalah jabat tangan semata.
    Sedikit tambahan:
    Menurut beberapa sumber pengetahuan yang saya baca, etika dalam berjabat tangan adalah dengan berdiri, menggenggam tangan secara menyeluruh sekitar 1 hingga 2 detik, sambil menatap tepat dimatanya dan jangan lupa tersenyum. Sebutkan nama Anda jika itu merupakan pertemuan pertama kalinya.

  2. Oktober 22, 2010 pukul 12:36 am

    Kalau ada suatu golongan itu mengharamkan jabat tangan, bagaimana menurut pendapat agan?

    Gan tukaran link ya?
    http://hiudiary.wordpress.com/
    mohon konfirmasinya
    thanks.

    • November 1, 2010 pukul 2:30 pm

      pendapat yang mengharamkan jabat tangan haram, merupakan pendapat yang gak berdasar menurut ana. karena dalam haditsnya Rasulullah pernah bersabda yang kurang lebih,, tidaklah seorang muslim yang bertemu kemudian mereka saling berjabat tangan, maka dosanya akan berguguran,,,. kecuali jika berjabat tangan dengan lain jenis yang bukan mahram, maka jelas itu adalah haram. wallahu a’lam

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: